Soft GF Vegan Brown Bread

Lembut, lembab, empuk dan manis. Itulah kesan pertama saya ketika mencicipi hasil eksperimen roti ini.

Kenapa vegan, karena saya pelit telur dan punya susu kedelai yang kurang sempurna untuk didaur ulang. Ha!

Berhubung sewaktu fermentasi, saya dapat kabar mendadak, Bapak saya masuk UGD, maka proofing yang belum sempurna dipercepat di microwave dan langsung di oven. Alhamdulillah masih edible hasilnya. Aku suka banget.

Soft GF Vegan Brown Bread with Black Sesame Seeds
Resep: Ade Sri, Goodiebake.com

Bahan kering:

125 gram tepung singkong/ mocaf
65 gram tepung beras merah organik
60 gram pati kentang
5 gram ragi instan
20 gram wijen hitam sangrai
50 gram gula aren
12 gram flaxseed halus
15 gram psyllium husk
4 gram garam

Bahan basah:

310 gram susu aneka kedelai

30 gram margarin
4 gram apple cider vinegar (opsional)
1 sdt vanilla (opsional)

Cara membuat:

Timbang terpisah bahan kering dan basah dalam dua mangkuk. Satukan keduanya ke dalam mangkuk mixer. Lalu kocok dengan pengaduk spiral sampai mengental dan adonan menjadi berat.

Bulatkan adonan, lalu letakkan di loyang cookies 30×30 beroles minyak. Kerat permukaannya. Tutup plastik dan biarkan mengembang 20 menit, atau sampai ukuran bertambah besar.

Panggang dengan api 350°F/ 175°C selama 40 menit. Keluarkan dan dinginkan, baru diiris. 

Kopi…mana kopi?

6 thoughts on “Soft GF Vegan Brown Bread

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.