Sponge Cake, Pound Cake, atau Chiffon Cake: Ini Dia Aneka Metode Pembuatan Cake

Pernahkah kita bertanya-tanya, kenapa tekstur cake bisa berbeda-beda? Ada yang padat lembut, padat beremah, lembut, super lembut, dll.

Iya, karena beda urutan pencampuran bahan akan menghasilkan jenis cake yg berbeda. Berikut adalah beberapa metodenya:

POUND CAKE: disebut pound cake karena hanya pakai 1 ukuran yang sama untuk lemak, gula, telur, dan tepung yaitu masing-masing 1 pound (500g). Urutan cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu mengocok mentega/margarin dan gula sampai larut, lalu masukkan telur 1/1, terakhir tepung secara bertahap. Untuk GF bisa all in, kocok semua sekaligus.

Contoh resep: Marble Cake

SPONGE CAKE: atau foam cake. Diawali dengan mengocok telur dan gula sampai mengembang berjejak, baru masukkan tepung, lalu aduk balik dengan lemak leleh/minyak. Atau kocok telur, gula, tepung, baru kemudian masukkan lemak leleh dengan cara aduk balik.

Contoh resep: Vanilla Buttercream Cake

BUTTER CAKE: Ini yang disebut resep bolu jadul, metodenya “creaming” yaitu mentega/margarin dikocok sampai lembut, kemudian secara bertahap masukkan telur 1/1, baru masukkan tepung dan cairan secara bergantian. Mirip dengan cara pembuatan Pound Cake.

Contoh resep: Magnolia’s Vanilla Cupcakes

CHIFFON CAKE: Cake kapas nan lembut aduhai. Bahan pertama: Kuning telur, lemak, cairan, 1/4 bagian gula, tepung diaduk rata sampai halus. Bahan kedua: Buat meringue dari putih telur dan 3/4 gula secara bertahap. Lalu aduk balik kedua bahan ini.

Contoh resep: Black Tahini Chiffon Cake

Nah, sekarang sudah tahu kan cara bikinnya. Kamu suka yang mana?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.