Bikin Pangsit Tanpa Terigu? Bisa!

Penasaran terobati, bikin pangsit tanpa terigu walaupun eksekusinya “keringetan” banget. Sebab mengganti terigu dengan mocaf yang tanpa gluten, membuat adonan tidak elastis sehingga harus dibentuk hati-hati.

Mandu adalah sejenis pangsit yang populer di Korea, biasanya menyertakan tahu di isiannya. Cara penyajiannya ngga beda jauh dengan pangsit ala Cina yaitu dikukus, ditumis, digoreng, atau dipanggang sesuai keinginan.

Di resep ini, Mandu saya goreng-kukus seperti gyoza. Saya tidak menggoreng sampai kecokelatan karena hasilnya akan alot setelah kena air. Pastikan juga menyiapkan tutup panci sebelum menambahkan air saat menggoreng kukus, karena akan ada baku tembak antara minyak dan air yang heboh banget πŸ˜‚

GF Korean Mandu
Ade Sri Ishak, Goodiebake.com
Porsi 27-28 pcs, diameter 8cm

Bahan:
300 gram daging udang giling
100 gram daging ayam giling
40 gram bawang bombai, cincang halus
40 gram kol, cincang halus
40 gram tahu putih, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdm minyak wijen
1,5 sdm kecap asin
1/2 sdt garam 
1/2 sdt lada hitam bubuk

Bahan kulit mandu:
220 gram tepung mocaf Ladang Lima
30 gram maizena
1/2 sdt garam
170 ml air panas (dari dispenser air)
1 sdt minyak kelapa

Bahan biang kulit:
Ambil 15-20 gram campuran tepung
60 ml (1/4 cup) air

Cara membuat:

1. Kulit: aktifkan pati tepung dengan memasak bahan biang, aduk-aduk sampai berubah warna dan kalis. Pindahkan ke mangkok.

2.Campur bahan biang dengan sisa tepung sambil dicampur air panas secara bertahap sampai adonan halus dan lembut untuk dibentuk. Tambahkan minyak, uleni lagi sampai rata.

3.Bagi adonan ke beberapa bulatan, lalu gilas sekitar 0,3mm (tanpa olesan minyak, tanpa taburan tepung). Lalu cetak adonan dengan ring 8cm. Adonan tidak fleksibel elastis ya, terlalu tebal akan pecah, terlalu tipis akan sobek tapi ketika matang tetap “chewy” dan kokoh. Alternatifnya, tepung bisa ditambahkan 5 gram xanthan gum supaya ber “gluten” dan mudah dibentuk dengan leluasa terutama jika menggunakan mesin gilas. Pastikan adonan tetap lembab dg menutupnya dg plastik/ kain selama membentuk mandu.

4. Isi mandu: campur daging giling, bawang bombai, kol, tahu. Di mangkuk lain, campurkan bawang putih, minyak wijen, kecap asin, garam, dan lada bubuk. Aduk rata. 

5. Tuang bumbu ke dalam campuran daging hingga semua tercampur. Ambil satu sendok teh isian lalu tuang dalam kulit mandu. 

6. Lipat pembungkus menjadi dua, tekan kemudian cubit-cubit ujungnya. Ulangi sampai semua isian mandu tertutupi.

7. Selanjutnya, mandu dapat dikukus, ditumis, digoreng, atau dipanggang sesuai keinginan. Masak sampai mandu berwarna kecoklatan atau kulitnya empuk.

Mandu siap disajikan dan nikmati bersama saus celupan.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.